MEMBANGUN MASA DEPAN LAYANAN KESEHATAN INDONESIA YANG LEBIH CERDAS DENGAN MENJADI PERAWAT INFORMATIKA

Informatika keperawatan adalah spesialisasi yang mengubah data menjadi informasi yang dibutuhkan dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kesetaraan, keselamatan, kualitas, dan hasil layanan kesehatan (ANA, 2022). Di era digital ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah berevolusi diberbagai aspek kehidupan, termasuk bidang kesehatan untuk meningkatkan kualitas layanan dan efektivitas praktik keperawatan. Perawat menjadi semakin krusial di Indonesia karena memiliki peran sebagai perawat informatika. Indonesia dengan populasi yang besar dan terus berkembang, memiliki kebutuhan yang mendesak untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Di era digital ini, perawat informatika hadir sebagai solusi inovatif untuk menjawab tantangan tersebut dan membawa layanan kesehatan Indonesia ke level yang lebih cerdas. Perawat informatika memiliki keahlian di bidang informatika kesehatan. Mereka menggabungkan pengetahuan dan keterampilan keperawatan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan kesehatan. Perawat informatika memiliki peran strategis dalam memajukan layanan kesehatan dan memiki manfaat bagi layanan kesehatan (Sirait, 2019).

Perawat informatika dalam memajukan layanan kesehatan di Indonesia adalah manajemen data kesehatan dengan mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data pasien secara akurat dan efisien untuk membuat diagnosis keperawatan yang tepat. Perawat informatika berperan dalam penggunaan rekam medis elektronik, system telemedisin dan aplikasi kesehatan mobile. Teknologi ini dapat meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan, meningkatkan kualitas dokumentasi medis dan mempermudah komunikasi antara pasien dan tenaga kesehatan. Pemanfaaatan teknologi digital untuk menyebarkan informasi kesehatan yang kredibel dan mudah dipahami kepada masyarakat. Hal ini meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan preventif dan mendorong gaya hidup sehat

Manfaat menjadi perawat informatika bagi layanan kesehatan yaitu membantu meningkatkan kualitas asuhan pasien dengan memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu, membantu pasien mengelola kesehatan secara mandiri dan memantau kondisi kesehatan secara berkelanjutan. Perawat informatika membantu meningkatkan efisiensi layanan kesehatan dengan mengotomatiskan tugas-tugas administrative, mengurangi kesalahan medis dan meningktakan koordinasi antar tenaga kesehatan. Perawat informatika membantu meningkatkan kepuasan pasien dengan memberikan layanan yang lebih personal, responsive dan berpusat pada pasien.

Dapat disimpulkan bahwa perawat informatika memiliki peran penting dalam mewujudkan masa depan layanan kesehatan yang lebih cerdas dan berkualitas. Dengan penggabungan pengetahuan dan keterampilan keperawatan dengan teknologi informasi dan komunikasi, perawat dapat membantu meningkatkan kualitas asuhan pasien, meningkatkan efisiensi layanan kesehatan, aksesibilitas layanan lebih mudah dan kepuasan pasien adalah yang paling utama. Pemerinta perlu memberikan dukungan untuk pengembangan profesi perawat informatika, termasuk melalui Pendidikan, pelatihan dan penelitian. Dengan investasi yang tepat, perawat informatika menjadi kunci untuk mewujudkan layanan kesehatan yang cerdas dan berkualitas untuk seluruh masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

American Nurses Association (2022) Informatika keperawatan : ruang lingkup dan standar praktek, edisi ke-3. ANA.

Sirait, Ruminta (2019). Peran Informatika untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dalam kepemimpinan keperawatan. USU Press.

One thought on “MEMBANGUN MASA DEPAN LAYANAN KESEHATAN INDONESIA YANG LEBIH CERDAS DENGAN MENJADI PERAWAT INFORMATIKA

Leave a comment